Minggu, 09 Januari 2011

SISTEM PEMASUKAN DAN PEMBUANGAN


1. Sistem Pemasukan (Intake System)
Sistem pemasukan terdiri dari saringan udara dan intake manifold. Saringan udara berfungsi untuk memisahkan udara yang masuk kedalam silinder dari debu dan kotoran sebelum bercampur dengan bahan bakar, dan intake manifold menyalurkan udara yang sudah bercampur dengan bensin kedalam silinder. Intake manifold didesain sedemikian rupa agar bisa membagi campuran udara dan bensin sama rata tiap silinder.
2. Sistem Pembuangan (Exhaust System)
Sistem pembuangan terdiri dari exhaust manifold, exhaust pipe, dan muffler. Exhaust manifold menampung sisa gas buang dari dalam silinder untuk dikeluarkan melalui exhaust pipe (knalpot). Muffler berfungsi meredam bunyi yang disebabkan keluarnya gas bekas. Sistem exhaust untuk mesin tipe tertentu juga dilengkapi catalytic converter, dimana gas buang sebelum dikeluarkan akan dinetralisir dari zat tertentu,  mengenai catalytic converter akan dijelaskan lebih lanjut pada bab lain.


0 komentar:

Posting Komentar

 

OTOMOTIF untuk semua. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com