Selasa, 28 Desember 2010

Prinsip Dasar Mesin Otomotif


            Sebelum kita belajar lebihjauh tentang mesin bensin, pertama kita harus mengetahui prinsip dasar kerja mesin bensin. Campuran udara dan bensin  dihisap kedalam silinder, kemudian dimampatkan/dikompresi oleh piston saat bergerak naik, pada saat itu temperatur campuran udara dan bensin akan naik, jika campuran tadi diberikan percikan api dari busi, maka akan menghasilkan tekanan gas pembakaran yang tinggi dalam silinder yang bisa mendorong piston kebawah dan keatas secara bebas. Dari gerakan turun naik tadi akan dirubah menjadi gerak putar oleh poros engkol. Dan gerak putar itulah yang menghasilkan tenaga pada mobil dan motor.



Langkah hisap
Saat langkah hisap Piston bergerak kebawah, katub hisap terbuka sedangkan katub buang tertutup mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar mengalir kedalam silinder karena kevakuman.

Langkah kompersi
Saat ini kedua katub tertutup dan piston bergerak keatas setelah melewati titik mati bawah dan campuran udara bahan bakarpun terkompresi yang membuat campuran bertekanan dan bertemperatur tinggi sehingga mudah terbakar

Langkah usaha 
Pada akhir langkah kompresi, bsi memercikkan bunga api shingga campuran udara bahan bakar yang sudah terkompresi terbakar dan menghasilkan ledakan dan tenaga yang besar. dan inilah yang menghasilkan tenaga buat mesin, saat itu piston terdorong kebawah dan kedua katub masih tertutup.

Langkah buang
Setelah langkah usaha piston akan kembali bergerak keatas, katub buang terbuka dan gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui katub buang oleh adanya gerakan piston, dari sini piston akan kembali bergerak kebawah untuk mengulangi proses dari langkah hisap, siklus ini akan berulang terus menerus selama mesin hidup.

Siklus ini biasa disebut mesin 4 langkah (4 Tak), ada juga mesin 2 langkah (2 Tak) akan dibahas pada posting berikutnya.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

I got this web site from my buddy who informed me concerning this web page and
now this time I am browsing this website and reading
very informative articles at this place.

My web-site 365 day laons review

obat asam urat herbal on 19 Mei 2014 pukul 09.24 mengatakan...

info yang menambah wawasan trimakasih.

Obat asam urat tradisional on 27 Juni 2014 pukul 15.09 mengatakan...


informasi sangat membantu sekali,mudah - mudahan artikel ini bermanfaaat untuk semuanya.
trimakasih atas kunjungannya .

Bang Apri TV on 7 Juli 2017 pukul 18.48 mengatakan...

Terima kasih atas info nya semoga dapat bermanfaat bagi semua orang

Posting Komentar

 

OTOMOTIF untuk semua. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com