Kamis, 30 Desember 2010

KEPALA SILINDER


1. Konstruksi
            Kepala silinder (cylinder head) ditempatkan diatas silinder blok. Pada bagian bawah terdapat ruang baker dan katub-katub. Kepala silinder harus kuat terhadap tekanan selama mesin bekerja, oleh karena itu kepala silinder biasanya terbuat dari besi tuang atau paduan alumunium yang memiliki kemampuan pendinginan yang baik, pada kepala silinder juga terdapat water jacket seperti halnya pada silinder blok yang berfungsi sebagai tempat sirkulasi air pendingin.


2. Jenis-jenis Ruang Bakar
            Ada beberapa jenis/tipe ruang baker yang sangat berpengaruh terhadap performa, dan penempatan komponen pendukungnya.

a.       Model Setengah Bulat (Hemispherical Type Combustion Chamber)
      Model ini memiliki permukaan yang kecil sehingga memiliki efisiensi panas tinggi, selain itu model ini juga memiliki desain yang lebih sempurna akan tetapi desain untuk penempatan katub dan busi-businya agak rumit.
b.   Model Baji (Wedge Type Combustion Chamber)
     Model ini juga memiliki Efisiensi panas yang tinggi, tapi desainnya lebih sederhana sehingga memudahkan untuk penempatan katub dan busi.








 c. Model Bak Mandi (Bathtub Type Combustion Chamber)
     Model ini konstruksinya sangat sederhana sehingga biaya produksinya lebih rendah pula, akan tetapi model ini hanya bisa dipasang katub dengan diameter yang kecil sehingga saat langkah hisap dan langkah buang akan jadi kurang maksimal.







 d. Model Pent Roff
      ipe ini biasanya dipakai pada mesin yang mempunyai jumlah masing -masing katub lebih dari satu pada tiap silindernya, sehingga efek pemasukan dan pembuangan akan sangat baik pada tipe ini, selain itu busi juga bisa ditempatkan ditengah-tengah sehingga pembakaran akan lebih sempurna.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

OTOMOTIF untuk semua. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com